PENGALAMAN PTN part 1

i know mungkin ini telat kali ya aplot nya  hehe but now i'm gonna tell you pengalaman PTN nya Nina setahun yang lalu eaps.

jadi aku itu lulus SMA tahun 2019 dan aku diterima di Universitas Sebelas Maret jurusan Ekonomi Pembangunan melalui jalur SNMPTN aku ceritain ya kenapa bisa nyasar temangsang sampai Solo wkwk 
 
sek tunggu, aku bingung mau cerita darimana soalnya panjang banget sih menurutku tapi nanti kalo kepanjangan mungkin aku bagi jadi 2 part aja kali ya let see ntar ~ 
 
Mungkin mulai dari pertama kali aku masuk SMA kali ya eh tapi kok jauh amat mundurnya wkwk tapi ada part-nya yang nyambung sih yaudah ntar dicuplik sedikit-sedikit aja ya. 
Jadi, aku masuk SMA tahun 2016 di SMAN 5 Jogja dan angkatanku adalah angkatan pertama yang penjurusannya dimulai dari kelas 10 waktu itu aku agak bingung nih mau masuk apa IPA atau IPS soalnya test minat bakat waktu SMP itu ternyata aku lebih condong ke bahasa sedangkan IPA-IPS nya itu setara jadi kaya misalnya minat bahasa ku itu 5 poin , ipa 4 poin, ips juga 4 poin sedangkan di SMA 5 hanya ada 2 jurusan yaitu IPA dan IPS aja ((: nah bingungkan aku wkw tapi karena dulu aku sempat terbesit pengen jadi dokter gigi jadi yaudahlah masuk IPA dengan modal Bismillah (:.

3 bulan pertama di IPA aku sama sekali ga enjoy di pelajarannya ya gimana ya masak pertama kali masuk kelas fisika udah dicekokin trigonometri padahal di kelas matematika blm dapet tuh trigonomoetri wkwkwk pokoknya aku inget banget setiap pelajaran fisika aku cuma plongah-plongoh sambil berusaha mencerna :") apakah cuma fisika saja yang membuatku pusing? tentu saja tidak (: masih ada kimia, biologi, dan matematika peminatan yang bikin kepala cenat-cenut padahal itu pelajaran dasarrrrr banget orang masih kelas 10 juga kan ya :( nah dari situ aku mulai menguburkan cita-cita ku buat jadi dokter gigi wkwkwkwk (maap nyerah deh aku rasanya otakku tak sanggup meraih itu semua :") ) dan aku bilang ke ibu kalo aku pengen deh rasanya pindah ke IPS mumpung masih awal but.... apa jawabannya ? ya jelas gaboleh (: ibu bilang kalau sudah mengambil keputusan ya dijalani sampai tuntas jangan setengah-setengah apalagi berhenti dijalan (ealah ya Allah gusti :(( ) yaudah dehh akhirnya dengan sedikit semangat dan banyak nekat Nina menjalani rutinitas sebagai siswa IPA gadungan tentu saja h3h3, tapi Alhamdulillah nya ayah sama ibu sportif banget dan mengerti bahwa anaknya memang n00b sekali di IPA dan akhirnya mencarikan aku guru les privat buat beberapa mata pelajaran IPA kaya fisika, kimia, matematika , tambah les bahasa inggris di E*TI.  emm kayanya sibuk banget ya aku dulu :( tapi pas dijalanin engga kok fwends Nina masih bisa kok main , ngevent, atau sekedar nongki di Chacha Milktea hehehe kan hidup harus seimbang ya ga gengs ? :"3 

(back to the topic) kenapa aku milih jurusan Ekonomi Pembangunan( atau kalo di beberapa universitas itu namanya Ilmu Ekonomi) awal mula nya itu karena di kelas IPA ada lintas jurusan Ekonomi nya dan aku ternyata suka sama materi dan enjoy sama pelajarannya ya walaupun nilainya ya ga bagus bagus amat tapi bomat lah yang penting akunya enjoy terus ditawarin sama guru ekonomi buat ikut OSN ekonomi dan lomba ekonomi yang lainnya waktu kelas 10 sama 11ya walaupun gapernah menang wkwk gapapa yang penting dapet pengalamannya y g y g? intinya aku tertarik lah gitu sama bidang ekonomi sejak kelas 10 SMA.

okei sampe sini mungkin kalian bakal mikir Nina tu aneh banget si orang di test minat bakat ternyata cen
derung ke bahasa tapi masuk nya malah IPA dan di IPA malah tertariknya sama mata pelajaran lintas jurusan bingung ga tu? sama,  aku juga bingung :"3

Nah, cerita masuk PTN nya kita mulai dari sini ya. Jadi sebenarnya UNS itu merupakan target ke-2 ku target pertama PTNku itu Ilmu Ekonomi - UGM , Ekonomi Pembangunan - UNS, dan yang terakhir manajemen - UPN pasti banyak yang bilang kok pilihannya soshum semua sih? ya gimana dong aku gamau nih belajar yang ga sesuai minatku karena percaya atau tidak kesulitannya itu jadi berkali-kali lipat jadi akhinya aku memutuskan buat  ambil soshum semua dengan modal nekat dan restu orang tua wkwk( eh tapi aku serius) aku ga pernah sama sekali mengharapkan ataupun menaruh harapan besar pada SNMPTN karena jujur aku ngerasa kaya masih banyak banget yang lebih tinggi nilainya daripada aku tapi aku selalu menanamkan dalam diriku sendiri bahwa melakukan sesuatu itu harus dilakukan secara totalitas termasuk saat belajar maupun ujian dan aku juga mencari-cari informasi tentang jalur-jalur masuk PTN sejak kelas 10.

Kalau ga salah waktu itu informasinya kalau mau SNMPTN itu nilainya harus meningkat terus ga boleh ada yang turun maupun fluctuating. Wah, aku langsung ga pede dan super insecure buat SNM intinya udahlah Nin gausa mengharapkan SNM kalaupun misalnya memang rezeki anggaplah itu hadiah dari Allah yang maha baik. Waktu kelas 11 penerimaan rapot semester 4 bener tuh kejadian nilai fisika ku turun dan ga tanggung-tanggung turun nya 5 poin coyyy langsung tanpa babibu aku pergi ke toko buku buat beli buku SBM karena saking aku dah ga berharap sama SNM.

waktu masuk kelas 12 aku dah ga belajar materi saintek lagi wkwwk (jangan ditiru ya gengs) saking aku dah mikir emang ga ada jalan lagi di IPA :") tapi aku tetep ambil bimbel nya IPA sih dengan dalih persiapan uasbn hufttt dan alhamdulillah nilai IPA semester 5 ku terkejar walaupun udah mepet-mepet wkwk. 


ih panjang bgt ya gengs dilanjut part 2 aja deh wkwk see you~






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berpriviladge? Dilarang Speak Up.

The Last: was it hard? yes of course

Tidak Semua Harus digenggam